Tali kawat modern ditemukan oleh insinyur pertambangan Jerman Wilhelm Albert pada tahun-tahun antara 1831 dan 1834 untuk digunakan dalam pertambangan di Pegunungan Harz di Clausthal , Lower Saxony , Jerman . Itu cepat diterima karena terbukti lebih unggul dari tali yang terbuat dari rami atau rantai logam , seperti yang telah digunakan sebelumnya.

Tali pertama Wilhelm Albert terdiri dari tiga untai yang masing-masing terdiri dari empat kabel. Pada tahun 1840, Robert Stirling Newall dari Skotlandia meningkatkan proses lebih jauh.  Di Amerika, tali kawat diproduksi oleh John A. Roebling , mulai tahun 1841 dan menjadi dasar kesuksesannya dalam pembangunan jembatan gantung . Roebling memperkenalkan sejumlah inovasi dalam desain, bahan, dan pembuatan tali kawat. Pernah dengan telinga perkembangan teknologi di bidang pertambangan dan railroading, Josiah Putih dan Erskine Hazard , pemilik utama dari Lehigh Coal & Navigasi Perusahaan(LC&N Co.) – seperti yang mereka lakukan dengan blast furnace pertama di Lehigh Valley – membangun pabrik Wire Rope di Mauch Chunk , Pennsylvania pada tahun 1848, yang menyediakan kabel lift untuk proyek Ashley Planes , kemudian jalur belakang pesawat dari Summit Hill & Mauch Chunk Railroad, meningkatkan daya tariknya sebagai tujuan wisata utama, dan sangat meningkatkan kapasitas produksi batu bara sejak pengembalian mobil turun dari hampir empat jam menjadi kurang dari 20 menit. Beberapa dekade menjadi saksi peningkatan yang berkembang dalam penambangan poros dalam di Eropa dan Amerika Utara karena endapan mineral permukaan habis dan penambang harus mengejar lapisan di sepanjang lapisan miring. Era tersebut adalah awal perkembangan kereta api dan mesin uap kekurangan tenaga traksi untuk mendaki lereng yang curam, sehingga kereta api bidang miring merupakan hal yang umum. Hal ini mendorong perkembangan kerekan kabel dengan cepat di Amerika Serikat karena endapan permukaan di Wilayah Batubara Antrasit di utara dan selatan semakin dalam setiap tahun, dan bahkan endapan yang kaya di Panther Creek Valleymeminta LC&N Co. untuk menggerakkan poros pertama mereka ke lereng yang lebih rendah mulai dari Lansford dan kota kembar Coaldale di Schuylkill County .

Perusahaan teknik Jerman Adolf Bleichert & Co. didirikan pada tahun 1874 dan mulai membangun jalur trem udara untuk pertambangan di Lembah Ruhr . Dengan paten penting, dan lusinan sistem kerja di Eropa, Bleichert mendominasi industri global, kemudian melisensikan desain dan teknik pembuatannya ke Trenton Iron Works, New Jersey, AS yang membangun sistem di seluruh Amerika. Adolf Bleichert & Co. melanjutkan untuk membangun ratusan jalur trem di seluruh dunia: dari Alaska ke Argentina, Australia dan Spitsbergen. Perusahaan Bleichert juga membangun ratusan jalur trem udara untuk Tentara Kekaisaran Jerman dan Wehrmacht.

Pada paruh terakhir abad ke-19, sistem tali kawat digunakan sebagai sarana transmisi tenaga mekanik termasuk untuk mobil kabel baru . Sistem tali kawat harganya sepersepuluh dan memiliki kerugian gesekan yang lebih rendah daripada poros garis . Karena kelebihan ini, sistem tali kawat digunakan untuk menyalurkan daya untuk jarak beberapa mil atau kilometer.

Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Wire_rope